Rabu, 20 Mei 2009

Senam Otak


Sobat semua, otak kita terdiri dari otak kiri ( logika ) dan otak kanan (mental) serta tersusun dari  + 10 milyar sel syaraf (neuron ). Nah, otak kita yang luar biasa itu terkadang kehilangan kemampuan alias nggak bisa konsentrasi pada saat-saat tertentu, terutama pada saat kita lelah, tertekan, ataupun stress. Untuk itulah kita perlu melakukan senam otak. Tujuannya adalah menjadikan sisi kiri dan kanan otak bekerja dengan selaras, jangan sampai ada salah satu bagian yang ngeheng alias terganggu, untuk mencegahnya. Bagaimana caranya, kita lihat yuk! :


1.    Minum air putih
Air adalah dasar bagi perawatan otak dan system syaraf. Coba sediakan sebotol air putih di meja dan minumlah secara teratur setiap hari. Itu akan berguna untuk membuat rileks pikiran dan badan sehingga kamu lebih siap menerima informasi. Rasul pun menganjurkan memperbanyak konsumsi air putih agar kita tetap sehat. QS. Al-Anbiya : 30 menyatakan, “Dan dari air K ami  jadikan segala sesuatunya hidup. Maka mengapa mereka tidak juga beriman?”

2.    Buatlah angka delapan
Gambarlah angka delapan di udara depan kamu, baik dengan tangan maupun dengan mata. Mulailah dari sisi kiri, bergerak ke bawah, lalu ke kanan untuk membentuk lingkaran dibagian bawah, kemudian bergerak ke arah tengah, naik ke atas dan terus bergerak untuk menyelesaikan lingkaran bagian atas. Coba terus selama lima menit terutama sebelum kamu membaca pelajaran hafalan, insya Allah ngantuk akan berkurang dan kamu bisa menghafal lebih jelas. Sebab, latihan ini berguna untuk meningkatkan kemampuan baca dan pemahaman yang menghubungkan otak kiri dan kanan.

3.    Menekan kening
Secara perlahan-lahan, tekan dua jari pada kening sebelah kiri dan kanan, kirkira tepat di tengah-tengah antara garis rambut dan alis. Tahan selama 3-10 menit. Ini akan berguna untuk melepaskan ketegangan aliran darah ke otak.

4.    Menguap
Cobalah menguap sambil memijit rahang. Latihan ini akan membuat pandanganmu lebih releks dan mampu menjaga konsentrasi ketika kamu banyak mengalami tekanan mental.

5.    Gambar coretan
Coba deh gambar coretan apa saja pada sehelai kertas dengan menggunakan kedua tangan secara  bersamaan. Latihan ini baik untuk meningkatkan kemampuan koordinasi dengan menyelaraskan kedua sisi otak. Ini akan membantu untuk mengikuti arahan secara lebih efektif dan memperbaiki teknik pengucapan serta kemampuan matematis.

6.    Menggosok pusar dan dada
Letakan satu tangan pada pusar, sementara tangan lain di tulang dada (tepat di bawah tulang leher). Gosok kedua bagian dengan lembut selama sekitar 10 detik. Ini akan berguna mengurangi kebingungan, merangsang energi, dan membantu berpikir lebih jernih.
Nah, selain latihaan tadi, sikap easy going akan sangat membantu dalam upaya meminimalisir gangguan pada otak kita. Ingat! Konsentrasi merupakan kebiasaan yang dapat dilatih, bukan bakat atau bawwaan. So….coba bareng-bareng yuk!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright by Eko Saputro